AMANAHSULTRA.COM: JAKARTA-Sejumlah nasabah PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, Sabtu (20/7/2019), pagi ini terlihat memengeluhkan saldo rekeningnya yang berubah drastis. Di beberapa postingan sosial media, ada diantara mereka yang mengeluhkan saldo berkurang, dan sebaliknya ada juga yang melaporkan penambahan drastis.
Menyikapi hal itu, Bank Mandiri segera mengeluarkan pernyataan permohonan maaf kepada seluruh nasabah.
Permohonan maaf disampaikan oleh Corporate Secretary Bank Mandiri, Rohan Hafas. Dalam pernyataan resminya, Rohan juga menyatakan menjamin saldo rekening nasabah sudah pulih seperti sedia kala siang ini, Sabtu (20/7/2019).
Meski tak menguraikan secara rinci, Rohan menerangkan, perubahan data sejumlah nasabah Bank Mandiri saat ini diakibatkan pemeliharaan sistem teknologi informasi (TI) yang bertujuan meningkatkan layanan transaksi keuangan nasabah. Sayangnya dalam proses pemeliharaan tersebut, terjadi error sistem yang berdampak pada berubahnya nilai saldo sebagian nasabah.
“Saat ini kami informasikan dan tegaskan bahwa perubahan tersebut terjadi pada saat perpindahan proses dari core system ke back up system yang rutin dilaksanakan di akhir hari. Namun pada kali ini,terjadi error pada data saldo 10 persen nasabah Bank Mandiri. Sebelum perpindahan ini selalu dilakukan backup data saldo nasabah,” jelas Rohan, Sabtu (20/7/2019).
Demi menjamin kenyamanan layanan perbankan, Bank Mandiri mengimbau agar nasabah melakukan pengecekan rekening tabungannya ke kantor cabang Bank Mandiri terdekat.
Rohan juga meminta nasabah untuk tetap tenang dan tidak terprovokasi oleh pernyataan dan aksi-aksi oknum yang tidak bertanggungjawab.
“Sekali lagi kami memohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Dan kami pastikan rekening nasabah Mandiri, aman,” tegas Rohan.
Laporan: Sanjas
Editor: Ernilam